Sponsor

Friday 7 August 2015

MODUL PERAWATAN PC (LANJUTAN)

2. Melakukan perawatan PC      

2.1 Bagian Komponen PC diperiksa secara fisik Menggunakan Prosedur.
Seperti tubuh kita komputer juga memerlukan perawatan khusus  dan extra, dari sirkulasi udara, debu , dan perawatan lainnya minimal 3 bulan 1x, agar komputer yang kita pakai awet dan tahan lama.  Oleh sebab itu melakukan perawatan secara berkala terhadap komputer mutlak dilakukan. Dengan demikian tidak ada lagi orang-orang yang stres akibat data-data penting di dalam sistem komputer hilang karena masalah sepele.
Adapun alat-alat bantu yang kita butuhkan untuk melakukan perawatan pada PC antara lain : obeng (+) dan obeng (-) , kuas kecil, vacuum cleaner kecil, tissue, cairan pembersih, dan masih banyak lagi.Selain itu kita juga membutuhkan CD cleaner dan disk cleaner. Disk cleaner digunakan untuk membersihkan piringan pada floppy disk dari debu dan kotoran dengan cara menggosoknya .Cd cleaner digunakan untuk membersihkan optic pada cd room dengan cara menggosoknya pada cd drive yang sudah disediakan, lalu masukan kedalam cd room, tapi dengan kondisi computer menyala, sehingga cd room pun akan memutar cd drive yang sudah kita berikan cd cleaner.
 




Gambar 6.1 Floppy Cleaner


Untuk keselamatan kerja gunakan masker untuk melindungi anda dari debu dan kotoran.

2. Melakukan Perawatan Pada PC

  •  Cabut semua kabel power dan kabel pada PC, pastikan tidak ada kabel yang menempel pada PC
  • Siapkan meja atau alas yang bersifat tidak merusak casing dari baret.
  • Siapkan alat – alat untuk melakukan perawatan pada PC, dan letakan alat-alat tersebut tidak jauh dari diri anda agar tidak merepotkan anda.
  • Bukalah sekrup penutup casing pada casing PC anda dengan menggunakan obeng + atau obeng -, jangan biarkan sekrup pada PC berceceran di sekitar anda, kumpulkan di satu tempat.
  • Hati – hati terhadap listrik statis yang ada pada tubuh anda karena dapat merusak komponen-komponen pada PC.
a. Casing
Casing merupakan tempat pelindung pada PC agar komponen yang didalamnya terhindar dari bahaya sekitar. Biasanya casing tempat berkumpulnya debu sehingga harus sesering mungkin untuk membersihkannya. Untuk keselamatan kerja gunakan masker agar terhindar dari debu



Gambar 6.2 Casing Komputer


  • Gunakan kuas dan vacuum cleaner kecil, bersihkan hingga sudut-sudut casing dengan menggunakan kuas, jika tidak bisa hilang bersihkan dengan vacuum cleaner.
  • Lepaskan fan yang menempel pada casing, buka sekrup fan dan bersihkan fan dengan kuas dan jika ada debu yang melekat gunakan tisu untuk membersihkannya.
  • Gunakan cairan pembersih jika debu menempel cukup kuat dengan menggunakan cutton bad.
  • Bersihkan badan casing dengan menggunakan kain yang diberi cairan pembersih agar tampak mengkilap.
b. Power Supply
Merupakan perangkat yang paling penting jika tidak ada, maka komputer tidak akan menyala, karena penyedia listrik bagi PC.




Gambar 6.3 Power Supply
·         Bersihkan debu yang ada di luar casing power supply
·         Bongkar casing power supply untuk dibersihkan dari debu yang melekat akibat isapan udara dari fan, agar sirkulasi udara dapat berjalan lancar, gunakan fan dan vacuum cleaner.
·          Gunakan obeng kecil untuk mencegah berputarnya fan pada saat dituip, jangan lupa pakai masker dan pelindung mata untuk menghindari dari debu yang terhisap maupun yang mengenai mata.
·          Bersihkan permukaan power supply dengan lap bersih dan kering atau tissue.
c. Prosessor
Prosessor merupakan komponen terpenting dan bertindak sebagai otak sistem komputer. Semakin cepat prosessor mengolah data maka semakin banyak panas yang dikeluarkan. Oleh sebab itu perlu perhatian khusus jika rusak, prosessor akan rusak total. Debu yang melekat pada prosessor merupakan masalah utama karena dapat menggangu pelepasan panas dari prosessor. Berikut cara-cara merawat prosessor
 






Gambar 6.4 Prosessor
·         Pilih fan yang berputar kencang dan memiliki putaran 5400 rpm.
 
Gambar 6.5 Heatsink Prosessor
·         Jika perlu gunakan fan dan heatsink yang berat agar putaran fan maksimal.
·         Lepas fan dan heatsink dengan hati-hati, lalu bersihkan fan dan heatsink dengan menggunakan kuas kecil dan vaccum cleaner
·         Jangan lupa setelah melepaskan fan dan heatsink, tambahkan thermal paste untuk mendinginkan prosessor.

·         Pastikan pemasangan fan dan heatsink sudah pas pada tempatnya, dan pastikan tidak ada yang patah pada kaki-kaki kipas prosessor, jika ada yang patah maka sirkulasi udara menjadi tidak benar sehingga menyebabkan prosesor panas.

No comments:

Post a Comment