Sponsor

Friday 7 August 2015

MODUL PERAWATAN PC

1. Menyiapkan Perawatan PC

1.1 Jadwal dan prosedur perawatan disiapkan
Kita harus membuat jadwal untuk melakukan perawatan PC agar PC tersebut terawat secara berkala dan agar kita tidak lupa. Biasanya perawatan dilakukan atau dijadwalkan 1 minggu 1x, agar PC tersebut selalu bersih. Dan tidak mengganggu kinerja komputer, siapkan juga prosedur perawatan agar dalam melakukan perawatan tidak asal.

1.2 Peralatan Perawatan (Tool kit) disiapkan
Setelah menyiapkan jadwal, sebaiknya siapkan juga peralatan perawatan (tool kit), bisa berupa: obeng +,- , cairan pembersih, kuas 1”, dan alat pendukung lainnya.

1.3 Peralatan pembersih disiapkan
Bahan pembersih seperti lap dan cairan pembersih, yang bisa digunakan untuk membersih kan casing, agar selalu terawat, bisa juga untuk membersihkan CD-room, Floopy disk.

1.4 Periksa Logsheet
Sebelum melakukan perawatan cek logsheet, kapan kita melakukan pembersihan terkahir, dan jangan lupa melaksanakan keamanan dan keselamatan kerja (K3) dalam merawat PC.

1.5 Komponen PC dibersihkan menggunakan prosedur
Dalam membersihkan PC kita juga harus menggunakan prosedur yang benar yaitu, cairan pembersih tidak bisa digunakan untuk membersihkan harddisk, ataupun prosessor, cairan pembersih hanya untuk membersihkan bagian luar dan optic yang berada dalam cd/floopy. Untuk membersihkan harddisk dan motherboard kita cukup menggunakan kuas dan vacum cleaner.

No comments:

Post a Comment