Sponsor

Wednesday 12 August 2015

SEJARAH KOMPUTER

Sedikit informasi alat manual untuk mengolah data sudah dipergunakan orang sejak jaman primitip...
1.300000 sm TULANG
Dahulu kala manusia sudah menggunakan tulang untuk mengingat, dan berkomunikasi, misalnya menghitung umur, mengukur jarak

2. 3000-140000 sm PETROGLYPHS
Pada jaman ini bangsa barbara menggunakan batu karang yang digores untuk mencatat data. Kadang - kadang batu karang ini digores membentuk gambar yang menunjukan suatu kejadian. Batu karang yang digores ini sekarang disebut petroglyphs.

3. 9000 sm LEMPENGAN TANAH LIAT
Lempengan tanah liat digunakan di Timur Tengah sebagai alat perhitungan. lempengan-lempengan tanah liat ini mempunyai bentuk -bentuk yang berbeda menunjukan bilangan sepuluh dan enam puluh. Sitem perhitungan ini sekarang digunakan dalam sistem kita untuk menunjukan jam, menit, dan detik.

4. 5000 sm TABLET TANAH LIAT
Tablet-tablet tanah liat digunakan untuk perhitungan, kalender, rumus-rumus, dan instruksi-instruksi untuk menghitung suatu nilai telah digunakan di Timur Tengah oleh Babylonia. Ahli-ahli arkeologi telah menyimpulkan dari hasil penelitian butir-butir tanah liat itu. bangsa babylonia telah dapat menyelesaikan persamaan-persamaan aljabar yang rumit dan mendokumentasikan rumus-rumus dengan tahapan-tahapan instruksi. Instruksi ini banhkan menggunakan variable.

5. 3500 sm TABLET TANAH LIAT
Tablet tanah liat ini juga digunakan oleh nenek moyang bangsa sumeria untuk mencatat informasi. Bangsa Sumeria menggunakan alat yang berbentuk V untuk menuliska huruf-huruf dan simbol-simbol pada tablet tanah liat yang lunak. Kemudian dikeringkan supaya keras dan disimpan. Jenis penulisan ini disebut cuneiform.


6. 2600 sm TABLET TANAH LIAT DAN PAPYRUS
Catatan tertua mengenai penerimaanm pembayaran, kontrak transaksi dan pinjaman-pinjaman telah dilakukan oleh bangsa Babylonia dengan menggunakan tablet-tablet tanah liat dan disimpan pada tempayan yang berfungsi sebagai lemari arsip. Pada saat yang sama, bangsa Mesir juga melakukannya pada daun Papyrus. Belum jelas sekarang apakah catatan akutansi yang pertama kali dilakukan oleh bangsa Mesir dengan daun papyrusnya atau oleh bangsa Babylonia dengan butir-butir tanah liatnya.

7. 2500 sm ABACUS
Suatu alat untuk menghitung supaya lebih cepat telah dibuat dan disebut abacus Alat ini dianggap sebagai alat perhitungan digital yang pertama kali. Belum jelas sumber asli dari abacus. Ada yang memperkirakan berasal dari negara Babylon, ada juga yang memperkirakan dari negeri Cina, atau berasal dari negara Mesir.  Di Jepang disebut dengan nama soroban. Di Uni Soviet pada abad 16 digunakan untuk menghitung pajak, disebut dengan schyoty. Di negri Cina disebut dengan nama suan pan. Di Yunani disebut dengan nama abakion. Di Jepang kejuaraan menghitung dengan nama soroban dilakukan tiap-tiap tahun. Eiji Kimura pada umur 16 tahun telah memenangkan kejuaraan pada tahun 1981. Eiji Kimura dapat menghitung dengan soroban sebanyak 16 buah angka 12 digit yang dijumlah selama 20 detik dan kurang dari 4 detik dapat mengalikan 30 buah perkalian yang masing-masing berupa 12 digit angka dikalikan dengan 6 digit angk. Di samping menggunakan soroban, Kimura juga menerapkan prinsip matematika untuk mempercepat perhitungan, misalnya 1297584 x 256436 diselesaikan dengan cara

584 x 436                                           =              254624
1297 x 256 + 584 x 256                     =       714996
1297 x 256                                         = 332032            +

                                                              332747250624

Perhitungan yang lain seperti (256000 : 436 ) x ( 129700 + 584 ) hanya diselesaikan dalam waktu 8 detik ( dikutip dari : World Executive's digest, November 1985 )


8. 1900 sm BATU TERSTRUKTUR (STONEHENGE)
Stonehenge merupakan batu yang terstruktur di Salibury plain sebelah selatan inggris, digunakan untuk observasi dan peramalan musim dan gerhana

9. 1200 sm TALI BERSIMPUL (QUIPUS)
Tali bersimpul yang disebut dengan quipus, digunakan oleh nenek moyang bangsa Peru digunakan untuk mencatat data administrasi, pajak dan penghitungan populasi.

10. 400 sm LEMPENGAN KAYU DAN KULIT BINATANG
Bangsa Yunani dan Romawi mencatat data pada lempengan kayu yang permukaanya dilapisi lilin. Alat penulisnya berupa kayu, tulang ataupun metal yang runcing. Bila catatan yang ada lempengan kayu tersebut dianggap sudah tidak berguna lagi, maka dicairkan dan diratakan untuk dipergunakan lagi. Juga digunakan kulit binatang yang sudah dikeringkan untuk mencatat data transaksi seperti misalnya hutang-piutang, pengeluaran atau barang yang dimiliki.

11. 1500 KERTAS
Penggunaan kertas untuk mencatat data digunakan di Eropa yang dipromosikan oleh Moors di Spanyol.

12. 1200 ABACUS
Abacus di negeri Cina dikembangkan dengan dasar sistem bilangan desimal.


13. 1455 ALAT CETAK
Johann Gutenberg dari Mainz, Jerman menemukan alat cetak dan menerbitkan salinan-salinan injil. Alat ini sangat populer di Eropa dan menerbitkan ide-ide dari percetakan, dasar dari alat cetak printer.

14. 1614 NAPIER"S BONES
John Napier (1550-1617) ahli matematika Scotlandia, menciptakan alat yang dibuat dari tulang untuk perhitungan perkalian, yang disebut dengan nama Napier's Bones. John Napier dianggap sebagai penemu perhitungan logarithma dan alatnya sebagai dasar mistar hitung.


15.  1621. OUGHTRED'S SLIDE RULE
Ahli matematika Inggris, Wiliam Oughtred ( 1575 - 1660 ), memperkenalkan alatnya yang disebut dengan nama Oughtred's Slide Rule. Alat ini terdiri dari dua buah mistar terletak pada suatu piringan yang bisa digerakan satu dengan yang lainnya. Dengan menggeser mista pada posisi yang tertentu, bisa didapatkan hasil perkalian atau pembagian. Alat ini berkerjanya didasarkan pada prinsip Napier's Bones.




Sejarah Komputer Bagian 2
sumber : Jogiyanto Hartono, MBA, Ph.D

1 comment:

  1. Training CCNA Murah dan Banyak Diskon nya https://dotcampus.net Kursus Komputer
    Training CCNA Fast Track Murah dan Banyak Diskon nya https://dotcampus.net/sertifikasi-cisco Sertifikasi Cisco
    Sertifikasi Cisco Murah dan Banyak Diskon nya https://dotcampus.net/training/cisco/training-cisco-cnap/ Training CCNA
    Kursus Komputer Murah dan Banyak Diskon nya https://dotcampus.net/training/cisco/ccna-fast-track/ Training Fast Track
    Sertifikasi CCNA Murah dan Banyak Diskon nya https://dotcampus.net/fitur/diskon-ujian-sertifikasi-internasional-ccna-58/ Sertifikasi CCNA

    ReplyDelete